Pelatihan “Pengembangan Potensi Roasting Kopi untuk IKM Kopi di Surakarta” tahun 2020

DisnakerperinKotaSurakarta19022020 – Bus rombongan Studi Komparatif Pelatihan “Pengembangan Potensi Roasting Kopi untuk IKM Kopi di Surakarta” tahun 2020, bertolak dari kantor Disnakerperin Kota Surakarta pagi ini, menuju Kopi Merapi Yogyakarta.

Kegiatan Studi Komparasi ini merupakan tahapan kedua dari tiga tahap pelatihan, dimana sebelumnya, peserta yang berjumlah 15 orang dari civitas yang menggeluti bisnis kopi di Kota Surakarta telah diberikan pelatihan klasikal di Srivijava Coffee Jl. Adi Sumarmo No. 77b, Malangjiwan, Colomadu, Karangnyar selama 3 (tiga) hari, dengan narasumber handal di bidang Roasting kopi. Setelah melaksnakan studi komparasi ini, peserta diwajibkan mengikuti kegiatan magang pada industri kopi yang ada di Kota Surakarta selama 2 hari kerja. Dengan desain pelatihan seperti ini diharapkan peserta akan lebih maksimal dalam meningkatkan kompetensi yang dimiliki di bidang Kopi.

Kegiatan pelatihan ini menjadi pilihan untuk dilaksanakan Disnakeperin Kota Surakarta menimbang animo dari pasar terhadap  usaha kopi baik di skala daerah, nasional , maupun internasional yang terus meningkat. Diharapkan dengan dilaksanakannya pelatihan ini akan akan berdampak positif bagi peserta pelatihan maupun industry kopi di kota Surakarta.

Dari sisi peserta pelatihan, setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan dapat  meningkatkan pengetahuan peserta pelatihan dalam ilmu sangrai kopi maupun pembuatan atau produksi sangrai kopi. Dan untuk perkembangan industry kopi di Kota Surakarta, dengan pelatihan macam ini diharapkan akan terciptanya standardisasi ilmu mengenai produksi kopi di Surakarta dan lebih jauh, diharapkan akan mendukung terbentuknya  Sentra Usaha Kopi di Kota Surakarta.

Bahwa geliat roda perekonomian Kota Surakarta salah satunya dimotori  oleh berkembangnya industri kecil dan menengah-nya, …..